Rakor PT PLN Dihadiri Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

0 7.558

Senin 15 Juli 2019 

JEJAKFAKTUAL.COM Bengkulu -Jaringan Listrik yang sering memicu kebakaran akibat Konsleting, PT.PLN Area Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi bertempat di Ruang Rapat PLN Bengkulu. Senin (15/07).

Rakor ini tertutup dari umum dan dihadiri langsung Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, M.MA, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani, Manager UP3 PLN Bengkulu Nova Sagita, Kepala Diskominfotik Provinsi Bengkulu Jaduliwan, serta Unsur OPD Terkait dan Staf PLN Bengkulu.

Ditemui usai Rakor, Gubernur Bengkulu menuturkan bahwa pihaknya menggelar Rakor untuk berkodinasi terkait masalah kelistrikan yang perlu dibahas dan dituntaskan oleh PLN Area Bengkulu dan Pemprov Bengkulu.

Seperti Korsleting Listrik yang marak menjadi pemicu kebakaran, Pemerataan Jaringan Listrik di Provinsi Bengkulu serta Kesiapan Supplay listrik menghadapi Event-event besar dan kegiatan di Provinsi Bengkulu.

“Iya antisipasi, upaya pencegahan guna menekan angka kebakaran yang disebabkan oleh jaringan listrik.

Jadi kita ingin merumuskan bagaimana upaya bersifat gerakan misalnya gerakan instalasi jaringan listrik di rumah tangga se-Bengkulu polanya seperti apa, mengedukasi melalui anak-anak sekolah agar orang tua memperhatikan betul jaringan listrik di rumah masing-masing dan apa yang menjadi resiko kebakaran, ini yang pertama.

“Saya juga melihat kejadian-kejadian dari hari ke hari semakin meningkat,” ujar Rohidin.

Sementara itu, Mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan ini juga menambahkan bahwa Pemprov Bengkulu tengah serius mengatasi masalah Kelistrikan yang ada di Muko-muko dan Enggano karena banyak masyarakat mengeluh sering terjadi pemadaman bergilir sedangkan Bengkulu sendiri Ovel Supply Listrik.

Beliau juga berkordinasi terkait kesiapan PLN dalam bersinergi menyukseskan event-event besar yang akan segera dihelat Provinsi Bengkulu.

“Yang kedua saya juga ingin memastikan interkoneksi jaringan di Provinsi Bengkulu ini terkoneksi dengan baik, karena dari sisi power supply, Bengkulu itu sudah oversupply.

Dan untuk itu, saya memastikan jaringan di wilayah Bengkulu terhubung. Dan yang menjadi masalah itu kan di Kabupaten Mukomuko, disitu masih pembangkit diesel dan masih sering mati lampu, daya masih sering lemah,

Dan sekarang bagaimana akselerasi transmisi jaringan ke Muko-muko pembangunannya dipercepat sebagaimana yang diminta masyarkat agar jangan mati lampu lagi.

Yang ketiga listrik di Enggano, terkait solar soil sudah banyak tidak berfungsi saya minta dicek lagi karena pembangkit disana terbatas,” katanya.

“Yang keempat, ini terkait ada berapa pembangkit yang ada di Bengkulu baik yang ada di Air Musi di Kepahiang, maupun di Lebong, serta persiapan pembangkit yang akan dibangun di PLTU Pulau Baai, saya katakan ini harus terkordinasi dengan baik bagi Pemprov Bengkulu dan Pihak PLN.

Agar pembangkit ini memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat, jangan menimbulkan konflik dan memberikan dampak yang baik bagi investasi di Bengkulu,” ujarnya.

“Yang kelima memastikan peran dari semua pihak termasuk PLN untuk mensukseskan Porwil bahwa dengan terkait kita telah merenovasi GOR, Stadion, dan beberapa asosiasi pengembang perusahaan, saya ingin memastikan jaringan listrik dan penerangan di sekitar kawasan itu bagus setelah direnovasi,

Kawasan ramah anak, ramah bagi lingkungkan dan tidak ada kriminal sekecil apapun dan mereka menyanggupi dan saya minta lampu dipasang seterang benderang mungkin, disamping pada acara pembukaan dan penutupan Porwil nanti listrik tersedia dengan baik dan acara berlangsung dengan baik.

Pihak PLN menyampaikan dari semua event-event besar di Bengkulu telah dibuka jaringan premium telah dibuat jaringan titik premium agar tidak perlu mengunakan diesel dan semacamnya tapi langsung mengunakan jaringan listrik agar lebih aman.

Lebih safety, lebih green, ramah dengan lingkungan, dari enam poin ini perlu dilakukan kordinasi dengan PLN dan saya rasa semuanya telah nyambung,” tutupnya.

Sementara itu, Manager UP3 PLN Area Bengkulu menuturkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kedatangan Gubernur Bengkulu dalam berkoordinasi tentang masalah kelistrikan.

Terkait isu-isu dan berita-berita yang menyebutkan kebakaran yang dipicu oleh korsleting listrik, pihaknya mohon dukungan dan kerjasama dengan Pemprov Bengkulu untuk bersama-sama menuntaskan permasalahan ini.

Dirinya juga memaparkan bagaimana kesiapan pihaknya menyambut event-even besar yang akan digelar Provinsi Bengkulu. Untuk itu pihaknya telah membangun 4 jalur premium yaitu di Padang Harapan, Tanah Patah, Dekat RS Bhayangkara serta Dekat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Untuk maraknya kebakaran yang disebabkan oleh Korsleting Listrik pihaknya menghimbau untuk konsumen bijak dalam menggunakan listrik serta menghindari penumpukan pada stopkontak.

Selain itu pada HUT PLN pada 27 Oktober mendatang pihaknya akan melakukan gerakan pensampelan rumah-rumah yang ada di Kota Bengkulu bersama Asosiasi Lembaga Listrik guna dapat mengedukasi masyarakat dari hasil pensampelan tersebut.

“Ini merupakan salah satu agenda Pak Gubernur ke PLN untuk memastikan kegiatan operasional Kelistrikan di Provinsi Bengkulu hingga saat ini berjalan baik. Terus kedua, beliau meminta dukungan kepada PLN, bahwa setiap event dan kegiatan yang dilaksanakan di Sport Center dan lokasi-lokasi lain mendapatkan dukungan listrik penuh, ini sekali lagi kita sampaikan untuk Provinsi Bengkulu.

Kita sudah bangun 4 jalur premium untuk mendukung aktivitas masyarakat dan terakhir cluster keempat bagaimana kita mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pulau Baai, dan beliau juga meminta dukungan dan sinergi kita dalam menyukseskan event-event besar,” ujar Nova.

“Untuk maraknya kebakaran yang dipicu oleh korsleting listrik kita menghimbau masyarakat bijak dalam menggunakan listrik serta tidak menumpuk stopkontak. Kita akan melakukan gerakan bersama yaitu pensampelan rumah-rumah yang ada di Bengkulu.

Bersama Asosiasi Lembaga Listrik pada HUT PLN 27 Oktober nanti, serta hasil dari itulah nantinya akan kita jadikan bahan edukasi masyarakat,” tutupnya. (Adv)

Redaksi : Jejak Faktual.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.